Rabu, 03 Juni 2009

“ONE STOP SHOPPING, PET & Co. AT PARIS VAN JAVA”

One stop shopping, itulah konsep yang diangkat oleh Anita Wijaya Haryadi (24thn) untuk PET & Co. pet shop yang resmi didirikan pada bulan Januari 2007 ini. Pet shop, salon hewan, pet boutique, hingga restoran dapat anda temukan di sini. Anita, sang pemilik pet shop yang dulunya belajar ke negeri singa untuk mendalami bidang fashion marketing, akhirnya memilih untuk banting setir dan berbelok haluan ke bisnis hewan peliharaan. Berawal dari hambatannya saat tinggal di flat ketika berkuliah di Singapura, anjing pom kesayangannya kerap kali dibiarkan saat bulunya mulai kusut karena Anita harus menguras uang jajannya sebesar 50 dolar Singapura atau sekitar Rp300.000 untuk sekali perawatan di pet shop.

Terinspirasi dari pengalamannya, Anita mengisi waktu luang kuliahnya untuk kursus merawat hewan peliharaan, setelah banyak melakukan praktek, akhirnya ia tidak perlu menguras uang jajannya untuk membawa anjing kesayangannya ke pet shop. Sepulangnya ke tanah air, kursus Anita membuahkan hasil, dengan kerjasama dari rekan-rekannya yang sesama pecinta binatang akhirnya terbentuklah PET & Co. yang terletak di Ground Floor Paris Van Java, Sukajadi, Bandung.

Desain yang unik dan eye catching pada bagian luar pet shop dirancang sendiri oleh Anita. Ia mengambil tema pet as a fashion life style yang menarik para pengunjung untuk masuk ke pet shop ini untuk sekedar melihat-lihat atau melakukan perawatan bagi hewan peliharaannya. Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada zaman sekarang ini hewan seperti anjing, kucing, bahkan ular tidak hanya menjadi peliharaan, tetapi juga sebagai fashion life style seperti yang sudah banyak dilakukan oleh para selebritis di Hollywood seperti Paris Hilton, Britney Spears, dan masih banyak lagi.


suasana salon

Sementara untuk desain bagian dalam pet shop, adik dari Anita yang seorang arsitektur mengambil bagian untuk merancangnya. Kenyamanan merupakan tujuan utama yang ingin disampaikan oleh Anita, ia ingin menghilangkan kesan jorok dan bau yang membuat orang- orang malas untuk masuk ke dalam pet shop pada umumnya. Pada awalnya, salon hewan di pet shop ini hanya berada di pojok ruangan, ”seperti salon dadakan”, ujar Anita. Karena dianggap kurang rapih dan teratur, baru-baru ini konsep open kitchen yang biasanya dilakukan oleh restoran, diterapkan juga di salon hewan ini sehingga para pengunjung serta pemilik hewan dapat melihat bagaimana proses perawatan yang sedang dilakukan.

Salon hewan diposisikan tepat di bagian depan pet shop yang menimbulkan daya tarik tersendiri kepada para pengunjung mall. Salon hewan ini menawarkan kenyamanan perawatan bagi hewan kesayangan anda. Sebuah kaca besar yang bening menjadi pembatas antara pengunjung dan salon hewan, sehingga kesan bersih sangat timbul di salon hewan ini.

Perawatan di Pet & Co
Perawatan yang dilakukan di salon hewan ini dibagi dua, yaitu basic treatment dan full treatment. Jenis perawatan seperti ini biasanya dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih dua jam. Kecuali perawatan bulu gimbal yang biasanya lebih lama, tergantung tingkat kesulitannya, terkadang si hewan harus menjadi gundul untuk sementara karena bulunya sangat kusut sampai menimbulkan rasa sakit bagi si hewan. Perawatan yang paling sering dilakukan pelanggan adalah grooming dan gunting. Untuk basic treatment terdiri dari grooming, gunitng kuku, dan pembersihan telinga.

Kisaran harga yang ditawarkan untuk basic treatment memang tergolong mahal tetapi pasti akan terbayar dengan hasilnya yang berkualitas, mulai dari Rp50.000 sampai Rp 150.000. Sedangkan untuk full treatment contohnya gunting model, atau seperti yang baru-baru ini sangat populer di Indonesia, yaitu color dye.

Jam berapa bukanya?
Pet shop ini buka dari pukul 11.00 sampai dengan 22.00. Tips bagi anda yang ingin melakukan perawatan bagi hewan peliharaan anda, datanglah pada hari kerja, karena pada hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu, pet shop ini akan menjadi ramai sekali oleh anjing dan kucing sehingga anda harus mengantri lama. Tak jarang pet shop yang tergolong besar ini menjadi terasa sangat sempit karena saking ramainya pengunjung yang datang. Dalam satu hari, lebih dari 50 orang yang datang untuk melakukan perawatan bagi hewannya. Pernah pada suatu hari para karyawan kewalahan karena hampir ratusan anjing bersama pemiliknya berdatangan ingin melakukan perawatan.

Saking ramainya pet shop, sang pemilik bingung harus berapa banyak lagi kursi yang disediakan di ruang tunggu. Dari sekian kejadian seperti ini, akhirnya tercetus sebuah inovasi baru untuk mendirikan sebuah restoran bernama PET & Co. Resto yang letaknya bersandingan dengan pet shop. Konsep one stop shopping-pun makin terasa saat didirikannya restoran ini. Keinginan dan kebutuhan konsumen semakin terjawab. Restoran yang berdesain simpel tapi menarik ini, menyuguhkan berbagai macam panganan lezat untuk si pemilik maupun untuk si hewan peliharaan walaupun menu nya lebih ter fokus kepada pemilik.

Pet shop ini juga sudah mempunyai banyak pelanggan dari kalangan selebritis. Seperti contohnya, Andhika Peterpan, Ghea Indonesian Idol, Yuke Dewa, Kamidia Radisti, Glenn Fredly, dan masih banyak lagi. Semua Pelanggan PET & Co. Tidak hanya berasal dari Bandung, tetapi juga banyak yang berdatangan dari luar kota seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang. Seperti pet shop lainnya, PET & Co. juga menawarkan jasa antar jemput bagi hewan yang ingin dirawat di salon. Untuk pelayanan ini, dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Selain jasa antar jemput, pelayanan lainnya adalah penitipan hewan, dalam sehari dikenakan biaya Rp60.000 sudah termasuk perawatan dan makanan. Jadi bagi pelanggan yang menitipkan hewannya, tidak perlu khawatir akan kesehatan hewan peliharaannya.

Produk Impor
Untuk jenis-jenis produk yang dijual di pet shop ini, banyak yang merupakan produk import sehingga harganya cenderung lebih mahal, tetapi ada juga yang merupakan produk dalam negeri. Memang harga menunjukkan kualitas, tapi bagi anda yang ingin memil produk dalam negeri, jangan khawatir, karena kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri. Yang menarik lagi, pet boutiqe juga menyediakan banyak koleksi baju bagi hewan peliharaan anda yang tentunya sangat cantik, variatif, dan sangat menggemaskan. Mulai dari baju-baju anjing atau kucing sampai aksesoris-aksesoris seperti kalung anjing, topi, kaos kaki, dan masih banyak lagi. Kisaran harganya pun bermacam-macam. Mulai dari Rp20.000 sampai Rp1000.000.

Yang paling menarik dan menjadi perhatian adalah sebuah kalung anjing yang dilapisi permata bermacam-macam warna. Untuk peralatan yang paling diminati oleh pelanggan adalah rantai, sisir, tempat makan, dan tempat minum. Barang-barang yang disediakan memang cenderung mahal, tetapi desainnya sangat unik dan berbeda dari yang lain, kualitasnya pun bisa dibilang nomor satu.

Aktif di dalam dan di luar
Pet shop yang mempunyai 17 orang karyawan ini sering mengadakan acara baik di dalam pet shop maupun diluar. Tanggal 17 Februari kemarin, baru saja diadakan pameran anjing dan fashion show yang diadakan di dalam Paris Van Java Mall. Beebagai jenis anjing berpawai di dalam mall sambil memperagakan baju-baju yang cantik dan menarik. Kegiatan ini sangat menarik perhatian khalayak dan sangat membantu dalam promosi pet shop, sehingga kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dua kali dalam setahun.

PET & Co. juga sering dijadikan tempat kunjungan rutin oleh siswa siswi taman kanak-kanak maupun sekolah dasar. Selain itu, kegiatan promosi yang dilakukan adalah menjadi sponsor bermacam-macam kegiatan, salah satu contohnya yang paling rutin adalah, kegiatan malam gembira SMP dan SMA Santa Alloysius yang merupakan almamater Anita. PET & Co. juga sering melakukan promosi melalui koran, radio 99ers, yellow pages, dan Yahoo! Pages.

Setelah mengetahui dan membandingkan dua pet shop yang kita bahas pada edisi ini, silahkan anda pilih sendiri perawatan seperti apa yang akan anda berikan kepada hewan kesayangan anda. Selamat memilih!

Narasumber;
Anita Wijaya Haryadi,
Pet & Co, Paris Van Java, Bandung

18 komentar:

  1. saya sering tuh kalo ke PVJ numpang lit pet shopnya. tapi kayanya mahal-mahal ya?? wajar sih.. soalnya di sana ada cafe nya juga. bagus pet shopnya

    BalasHapus
  2. Iyah di sini kami memebrikan 2 mcam petshop. kalo yang pet & co memang cenderung mahal. sedangkan yang zoom pet shop lebih murah. di pet & co suasananya sangat enak. sambil nunggu belanja bisa duduk2 di cafe. makanya di sini mahal

    BalasHapus
  3. petshop di pvj ini juara lah! ada ac nya gitu. adem

    BalasHapus
  4. di petshop ini anjingnya bagus-bagus!!

    BalasHapus
  5. to bagus: iya disini fasilitasnya oke banget. ada ac dan sofa nya juga. makanya ngga heran kalau harganya lebih tinggi dari petshop lain

    BalasHapus
  6. to ipan: iya banyak anjing ras yang jarang dijual di petshop lain di sini. kucing, hamster, ikan, dan kura-kura juga ada di sini. ramailah..

    BalasHapus
  7. petshopnya desain nya oke. ternyata itu dirancang sendiri sama pemiliknya ya. hebat!!

    BalasHapus
  8. iya desainnya dirancang sama anita sendiri. dia ngerancang dengan desain kaya gitu, bagus ya!

    BalasHapus
  9. udah pernah makan di cafe nya belom?

    BalasHapus
  10. to ipan: wah kami belom pernah nyoba makan di cafe nya. mungkin ntar ya kami coba :)

    BalasHapus
  11. to bagus: iya cafe nya baru. pertamanya hanya ada petshop, skrg dilengkapi dengan cafe juga.

    BalasHapus
  12. wuiidiihhhhhh....
    keren juga nih petshop ada cafenya juga...
    dilengkapin fasilitas hotspotan juga ga???

    BalasHapus
  13. haha. untuk hotspotan sih belom ada di cafenya. mungkin ntar menyusul yah. msa kalah sama cherys chorner. hehe

    BalasHapus
  14. kan kalo ada hotspotan, itu bisa menjadi sebuah hiburan ketika kita menunggu hewan peliharaan diperiksa..jd ga boring nunggunya..

    BalasHapus
  15. kan di pvj sendiri sudah dilengkapi dengan fasilitas hotspot, jadi mungkin manajemen petshop ini menganggap ga perlu kali ya.
    pasti si pemilik sembari nunggu hewan peliharaan di salon, pengen buka facebook dah..

    BalasHapus
  16. kan kalau di tempat petshop ini ada hotspotan jd lebih enak, jd bisa 'ccp' ama hewan peliaharaan gt deh...

    BalasHapus
  17. haha iyaa. kita doakan saja ya semoga tempat ini cepat cepat membuat fasilitas hotspot nya. jadi nya boring kan ya..

    BalasHapus