Rabu, 03 Juni 2009

Bahaya Kegemukan Pada Anjing

Anjing gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan,selain itu juga kadang dianggap wujud kasih sayang dari pemilik (makanan/snack yang banyak). Bahkan akhir-akhir ini bisa mendapat piala dan hadiah karena menang kontes anjing tergemuk. Tapi dibalik itu semua, kegemukan pada anjing adalah awal dari bahaya untuk anjing itu sendiri dan juga pemiliknya.

Menurut Drh. Silfiana Ganda Kesuma dari Klinik Hewan Nature Vet, Anjing yang kegemukan akan malas bergerak karena berat badannya yang membebani sehingga ia akan kurang semangat, kegemukan pastilah karena menyimpan lemak yang melimpah maka lemak tersebut akan menjepit pembuluh darah yang ada dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan.

Penyakit paling banyak yang menyerang adalah jantung dimana pembuluh yang terjepit sulit menyalurkan oksigen dan darah ke jantung atau karena tingkat kolesterol jahat yang meningkat. Selain itu masih banyak penyakit yang timbul seperti gangguan metabolik, stroke atau bahkan kanker dan juga kaki bengkok (karena menahan berat).

Bahkan penelitian di Australia membuktikan bahwa hewan peliharaan yang mempunyai berat badab berlebih mempunyai kecenderungan mendapat human style illness seperti diabetes dan serangan jantung. Dan survey tersebut membutikan 40% dari hewan peliharaan di Australia mengalami maslah kelebihan berat badan.

Penyebab kegemukan pada anjing disebabkan faktor-faktor berikut :
1. Anjing jarang atau bahkan tidak pernah diajak olah raga.
2. Makanan yang diberikan memiliki karbohidrat dan protein yang berlebihan.
3. Pemberian snack yang berlebihan.
4. Kebiasaan pemilik membagi makanannya ke anjing saat sedang makan.
5. Anjing dikandang terus sehingga tidak ada ruang gerak yang luas untuknya bergerak (Ingat, berjalan saja sudah membakar sejumlah kecil kalori).

Kenapa berbahaya juga bagi pemilik, ini jawabannya:
1. Kemungkinan kehilangan si anjing karena penyakit akibat kegemukan akan sangat besar.
2. Pengeluaran biaya yang besar untuk pengobatan penyakit tesebut.
3. Akan menguras waktu dan tenaga pemilik untuk merawat dan mengobatinya.

Untuk solusinya, Drh. Silfiana Ganda Kesuma dari Klinik Hewan Nature Vet menyebutkan beberapa cara:
1. Beri olahraga pada anjing anda secara teatur dan disesuaikan kemampuan (jangan diberlebihan).
2. Pilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya dan aktifitasnya (lihat kadar protein dan lemaknya), pemberian porsi makan yang wajar.
3. Beri snack yang menyehatkan dan jangan terlalu sering.
4. Jangan membiasakan berbagi makanan anda pada anjing anda (lagipula tidak semua makanan manusia aman baginya).
5. Periksa kesehatan ke dokter hewan teratur.

Untuk pengobatan ke kondisi normal bagi yang sudah kegemukan :
* Kurangi porsi makan atau frekuensi makannya
* Perbanyak olahraga (bila anda tidak sempat bisa gunakan jasa pelatih),olahraga tidak boleh terlalu keras apalagi pada saat pengurangan porsi makan, olahraga harus teratur, biasa pagi dan sore hari.
* Sering ajak main anjing anda, karena bila dia banyak diam, makanan yang masuk tidak diolah menjadi tenaga tapi menjadi lemak
* Bergabung di klub-klub anjing, selain menambah teman untuk anda dan anjing anda(bersosialisasi), kegiatan dog on the road membantu membakar lemak anda dan anjing anda.
* Hentikan kebiasaan membagi makanan anda kepadanya dan stop memberi snack.
* Pemberian suplemen makanan pembakar lemak (pengalaman pribadi penulis), JANGAN diikuti tanpa pengawasan ahli, karena tidak semua fat burner cocok dan AMAN buat anjing).

Dengan olahraga teratur, pemberian makan teratur dan sesuai kebutuhan, istirahat cukup, anjing anda akan memiliki badan yang bagus dan kesehatan yang bagus pula,waktu dia untuk hidup dan bermain bersama anda akan bertambah panjang.

Klinik Hewan “Nature Vet”
Jl. Tebet Barat Raya no 22/38, Pancoran, Jakarta Selatan
Telp 021-70720081, 98275717

24 komentar:

  1. bukannya kalo anjing gendut jutsru lucu yah? hehe

    BalasHapus
  2. iya anjing yang gndut memang tampak lucu. tapi apakah kamu sadar kalo kegendutan juga bahaya kan! ya kaya manusia aja, kalo kegendutan memicu banyak penyakit

    BalasHapus
  3. emang olahraga anjing kaya apa sih?

    BalasHapus
  4. kalo anjing kekurusan gimana?

    BalasHapus
  5. to bagus: olahraga anjing bisa dengan mengajak anjing lari-lari atau bisa dengan mengajaknya main. ngajak main bisa kaya suruh nangkep bola, kan dengan nangkep bola tuh anjing bakal lari..

    BalasHapus
  6. to ipan: kalo anjing kekurusan? kasih makan dong. hehe. mungkin tuh anjing ngga suka sama makanannya, kalo anjing lagi ga nafsu makan bisa dikasih makanan yang basah. kan bau makanan basah lebih "keras", jadinya anjing pasti nafsu makan. kasih juga vitamin anjing!

    BalasHapus
  7. Kira kira berat idealnya anjing berapa ya?
    misalkan untuk yang besarnya kayak golden atau shepred

    BalasHapus
  8. cara tau cari berat badan ideal anjing dengan meraba bagian tulang iganya. kalau masih terasa berarti masih ideal. tapi kalau udah ga terasa saat diraba, berarti dia kegendutan :D

    BalasHapus
  9. merk makanan anjing yang bagus apa ya?

    BalasHapus
  10. kalo merk kan ada macem2 ya.
    kalo pengalaman saya sih yang bagus royalcanin. tapi emang agak mahal dibandingin sama merk yang lain

    BalasHapus
  11. anjing ada snack nya juga gak kaya mnusia?

    BalasHapus
  12. anjing kan suka gigit2 barang ya. biar ngilangin kebiasaan kaya gitu gimana sih???

    BalasHapus
  13. to ipan: wah anjing juga punya banyak snack. coba liat aja di petshop. snacknya biasanya berupa biskuit. bentuk biskuitnya juga lucu2, ada yang bentuk tulang, daging , dll

    BalasHapus
  14. to bagus: anjing emang suka gigit2. biar ga merusak barang2, makanya si anjing dikasih gigit2an aja, banyak dijual di petshop. bisa kasih kaya tulang2an.

    BalasHapus
  15. wah wah wah....
    br tau saya kalo anjing yg gemuk bisa menimbulkan penyakit lain...
    emang serba salah yah, punya anjing gemuk ato kurus....

    BalasHapus
  16. noli: iya kalo kegendutan bisa banyak penyakit. makanya anjingnya yang sedang sedang saja beratnya. hehe

    BalasHapus
  17. pengennya sih beratnya yg sedeng2 ajah biar gampang ngegendongnya, tp makannya banyak..ga mungkinkan anjing saya disuruh puasa biar kurusan...hehheheh...

    BalasHapus
  18. kalo kucing saya gemuk banget gimana yaa?
    kegemukan sm anjing sm ga dampaknya kaya ke kucing?

    BalasHapus
  19. @ noli : iya anjingnya suruh puasa aja. kasian pemiliknya pegel kalo ngegendong. bilangin sama anjingnya puasa ya. sahurnya subuh, buka puasanya magrib. wkwkw

    BalasHapus
  20. @ pengu: wah kucing kegemukan juga bahaya. hampir sama dengan anjing. mereka kan sama2 mamali. mendingan kamu atur deh pola makan kucingnya.

    BalasHapus
  21. sayangnya dia ga mau mengerti itu..saya udah pernah ngomong itu, tp pas siang hari dia tetep ajah merengek-rengek minta makan...heu...

    BalasHapus
  22. yah anjingnya murtad tuh. bilangin kalo ga mau puasa ntar ga dapet baju lebaran loh!!

    BalasHapus
  23. bukannya murtad, tp dia belum kuat tuk puasa sehari penuh. jd dia pengen puasa setengah hari ajah...hehehe..

    BalasHapus
  24. oh iya anjingnya masih di bawah umur, jadinya masih boleh puasa setengah hari. tapi bilangin ke dia, sholatnya nggak boleh ditinggal ya. harus rajin. heuuuu

    BalasHapus