Rabu, 03 Juni 2009

Pelatihan Toilet untuk Hamster


Hamster pada umumnya adalah hewan yang bersih. Tidak seperti tikus, hamster di alamnya hidup di dalam lubang jadi naluri mereka untuk pergi ke toilet pada satu tempat. Semua hewan dapat dilatih untuk memakai toilet/kotak kotoran(litter box). Dan lebih mudah mengajar mereka pada waktu masih muda

Ada cara membuat kandang hamster yang terkenal “bau” menjadi baunya berkurang. Percaya atau tidak, hamster dapat melatih mereka sendiri untuk memakai toilet/litter box, meskipun bantuan dari pemilik sangat membantu. Setiap rumah hamster modern seharusnya memiliki satu litter box/toilet. Ada beberapa jenis toilet/litter box yang dijual di pasaran.

Masalah salah penggunaan
Sering kali anda menemukan bahwa hamster anda menggunakan toiletnya untuk lainnya. Ada yang menggunakan toiletnya sebagaimana mestinya dan ada pula yang menggunakannya sebagai tempat untuk menyimpan makanan, makan dan tidur. Pemecahannya adalah dengan memberi bekas tutup toples seperti tutup peanut-butter dan taruhlah dengan kotoran di dalamnya. Biarkan hamster anda makan di litterboxnya. Sisa-sisa kulit biji-bji yang ditinggal di toilet menunjukan bahwa hamster mengetahui bagaimana toilet ini sering dibersihkan dan sisa kulit bijian hilang.. Tetapi jangan biarkan hamster anda menyimpan apa saja di dalam toilet. Jika anda membersihkan toilet secara teratur, meskipun hamster anda tidak memakainya, ini akan membuat hamster tertarik untuk membuat sampah atau sisa-sisa kulit biji bijian dan kencing di toilet, tetapi tidak kotoran(biasanya kering dan tidak begitu berbau). Memberi hamster lebih dari satu di beberapa tempat juga ide yang bagus.

Masalah utama, anda mungkin menemukan mereka bersarang di toilet. Ini tidak dapat dirubah jadi coba saja berikan tempat tinggal alternatif. Kotak persembunyian, terowongan, rumah-rumahan. Menaruh makanan cemilan, alas dan bahan yang lembut juga dapat membantu.

Penempatan
Perhatikan penempatan toilet pada kandang. Penempatan sangat penting untuk toilet hamster. Kebanyakan hamster akan ke pojok yang terdekat dengan botol airnya. Mereka biasanya grooming di sana. Jadi tempat ini jelas menjadi pilihan terbaik. Tetapi anda harus menempatkan dimana hamster anda biasa kencing. Juga dapat dibantu dengan menaruh sebagian serbuk/alas yang telah dikencingi hamster ke dalam toilet sebagai tanda atau pemancing.

Pembersihan
Untuk pasir toiletnya, anda dapat membeli pasir toilet hamster. Setiap hari atau dua hari sekali, kotoran harus dibersihkan dengan skop yang tersedia. Jika tidak ada, anda dapat memakai garpu plastik. Pada waktu membersihkan kandang, buang semua pasir toiletnya dan bersihkan toiletnya dan ganti dengan pasir toilet yang baru.

Pendek kata, untuk memiliki rumah hamster yang modern, perlu dilengkapi dengan toilet yang berventalasi cukup. Kebanyakan toilet hamster dijual dengan skopnya. Jika tidak ada anda dapat memakai garpu plastik. Dengan pelatihan toilet ini, anda dapat membersihkan kandang tidak sesering seperti anda lakukan sebelumnya dan baunya pun berkurang dan lebih baik daripada sebelumnya.


Sumber:
Klinik Hewan “Nature Vet”
Jl. Tebet Barat Raya no 22/38, Pancoran, Jakarta Selatan
Telp 021-70720081, 98275717

29 komentar:

  1. ih saya pengen banget melihara hamster. tapi sebenernya hamster itu bau ngga sih? saya mles kalo melihara yang ribet

    BalasHapus
  2. kasi tips dan trik supaya saya jadi suka sama binatang donk...soalnya saya geli bgt ama binatang apalagi yg berbulu...

    BalasHapus
  3. bau itu tergantung kamu rajin apa nggak nya bersihin kandang atau nggak nya. trus rajin rajin mandiin hamster. pasti hmster ngga mengeluarkan bau deh.

    BalasHapus
  4. hamster jenisnya ada macem2 yah?

    BalasHapus
  5. oh ngga ribet ya meliharanya. beli hamster yang enak dimana ya?

    BalasHapus
  6. to anisa: hmm caranya? kamu coba aja dulu melihara. kamu ga akan tau kalo kamu belom coba. mungkin aja dengan nyoba kamu jadi seneng sama binatang * kaya kami berdua. eheee

    BalasHapus
  7. to bagus: iya hamster ada macem2 jenisnya. ada yang bentuk tubuhnya besar hingga kecil sekali. biasanya makin kecil hamster,justru harganya makin mahal.

    BalasHapus
  8. to ipan: iya melihara hmster sangat tdk ribet. cukup sediakan kandang saja, lagian kandang hamster juga g mkan tempt kan? jadi mudah ditaruh dimana2. coba kamu cek info petshop yang ada di blog ini. bisa kok di beli di sana

    BalasHapus
  9. mbak indah..
    dulu saya miara hamster tapi ga pernah lebih dari 2 minggu..sebenernya apa yang salah ya?
    padahal makannya udah teratur..
    hamster saya ga normal

    BalasHapus
  10. wah kenapa ya hamsternya? mungkin hamsternya stres kali ya. dia susah beradaptasi. atau nggak kamu kurang teliti saat membeli hamster, takutnya ia memang sudah sakit saat dibeli. lain kali coba cek kesehatan hamster sebelum membeli :)

    BalasHapus
  11. say aku pernah punya hamster tapi cuma tahan sebulan keburu meninggal ..
    kayanya gara2 aku mandiin pake air deh ..

    btw makasih yah infonya jadi kalo mo beli hamster lagi ga takut cepet meninggal lagi hihi ..

    BalasHapus
  12. mbak .. aku pernah punya hamster tapi cuma bertahan sebulan.
    kata mama gara2 dimandiin pake air dingin ..
    ngaruh yah mbak??

    BalasHapus
  13. wah kamu mandiin pake air dingin? wahh itu bahaya banget! coba kamu cek deh di video di atas, bagaimana cara mandiin hamster. mandiin hamster tuh jangan pke air, tapi pake pasir khusus hamster ;)

    BalasHapus
  14. kalo hamster bisa pake toilet yang duduk ga? yang ada flushnya? hehe

    BalasHapus
  15. hahaa. belom pernah ada penelitian kayany hamster pake toilet duduk. silahkan aja kalo mau coba. :p

    BalasHapus
  16. hamster kecil kecil cabe rawit ya!! jago banget bisa dilatih toilet

    BalasHapus
  17. to ipan: iya kotoran hamster kecil, sesuai dengan besar tbuh si hamster itu juga. tapi kan kalo makin lama, walaupun kotorannya kecil kalau ditumpuk juga jadi banyak kan.

    BalasHapus
  18. to bagus: iya makanya sewaktu umur hamster masih muda langsung dilatih. kalo udah makin besar usia hewan, makin susah dilatih.

    BalasHapus
  19. kira2, berapaan yah biaya membuat kandang hamster modern ini???

    BalasHapus
  20. hamster saya koq galak bagt y?
    gmna cara biar dia bisa jinak..
    ngegigit terus masalahnya..
    hehehe..

    BalasHapus
  21. wawwww ck ck ck ck hebatt..
    kalo buat kucing ada ga?

    BalasHapus
  22. @ noli : biaya buat kandang saya kurang tau. mendingan langsung beli kandang di petshop. lebih mudah kan :)

    BalasHapus
  23. @ travel : wah hamternya kenapa ya?
    kok galak. mungkin kamu sebgai pemiliknya krg ngasih kasih sayang kali. makanya hamtsrenya ngambek. hehe

    BalasHapus
  24. @ pengu: pelatihan toilet kucing juga ada kok. sewaktu masih muda gampang dilatihnya. ntar kita buat artikelnyda deh, tunggu yah :)

    BalasHapus
  25. kalo di petshop berapaan harganya??

    BalasHapus
  26. kandang hamster ada yang 50 rb an kok. makin gede dan ribet mdoelnya tentu saja makin mahal ya. kalo mau kandang murah, pilih yang simple aja makanya. hehe

    BalasHapus
  27. ok ok ok...
    tp kayanya lebih bagus dibikin sendiri deh, jd bentuknya sesuai dgn yg kita inginkan..
    iya kan??sekalian ngehemat biaya...hehhehehe..

    BalasHapus
  28. iya sih kalo buat kandang sendiri bisa nyewa arsitektur kandang hamster, biar bisa bikin kandang yang tipe minimalis. pasti hamsternya betah.. hehe.
    tapi kalo mau gampang sih tinggal beli aja di petshop.

    BalasHapus