Kamis, 07 Mei 2009

CANGGIHNYA BRAILLE INTERPRETER BAGI TUNANETRA



Braille adalah sejenis sistem tulisan sentuh yang digunakan oleh orang buta. Susunan huruf-huruf braille adalah kombinasi dari enam titik timbul dan tiga baris dengan dua titik. Keenam titik tersebut dapat disusun sedemikian rupa hingga menciptakan 64 macam kombinasi. Huruf Braille dibaca dari kiri ke kanan dan dapat melambangkan abjad, tanda baca, angka, tanda musik, simbol matematika dan lainnya. Namun, tidak semua Tuna Netra mampu membaca Braille. Lalu, bagaimana mereka berkomunikasi?

BRAILLE INTERPRETER
Untungnya saat ini telah ditemukan teknologi terbaru untuk memudahkan komunikasi bagi tuna netra. Hyu Jing Lim, dari Jepang, telah membentuk sebuah alat untuk membaca huruf braile dengan mudah. Alat itu dinamakan Braille Interpreter.

Bagaimana Cara Penggunaannya?
Cara menggunakan alat ini sangat mudah. Cukup dengan memasang alat ini pada jari telunjuk penderita. Ketika ingin membaca, tombol power harus dinyalakan terlebih dahulu. Setelah itu tinggal dilewatkan deh di atas huruf braile yang akan dibaca. Alat ini terdiri dari dua bagian yakni yang dipasang di jaritelunjuk dan satu lagi yang dipasang sebagai earphone.
Saat bagian pembaca telah menscan huruf braille, informasi tersebut diteruskan kepada bagian pemancar yang berapa di lengan. bagian ini menterjemahkan huruf braille yang di scan dan merubahnya menjadi informasi suara. Suara yang dihasilkan bisa didengar melakui earphone yang terpasang di telinga setelah ditransmisikan melalui bluetooth oleh pemancar di lengan tadi.

Referensi
http://shirogadget.com/untuk-tuna-netra-yang-tidak-bisa-membaca-huruf-braile/ (07/05/09) 20.40 WIB http://www.yankodesign.com/2009/02/17/for-the-blind-who-dont-know-braille

4 komentar:

  1. baru denger ada alat kaya gini.

    BalasHapus
  2. iya alat ini emang oks banggett. sangat membantu bagi mereka yang buta

    BalasHapus
  3. sayangnya di indonesia belom keluar, mungkin kita tunggu saja yaa :)

    BalasHapus